Teknologi Kel 5 Kamis

 NAMA KELOMPOK TEKNOLOGI ( KAMIS )

AHMAD ZUFAR MAULANA 21711109

DAFFA ANDRA ABDULLAH 21711076

FAERLY AZMI 21711108

PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PERPUSTAKAAN

Dalam era digital yang terus berkembangperpustakaan tidaklagi sekadar tempat menyimpan bukuTeknologi augmented reality (AR) telah membawa transformasi yang menarik kedalam dunia literasi dan pengetahuanDengan memadukandunia fisik dan digital, AR memungkinkan pengunjungperpustakaan untuk menjelajahi informasi dengan cara yang lebih interaktif dan menarik.

Awal Mula Konsep AR

- 1901: Konsep awal AR dibayangkan oleh L. Frank Baum dalam novel *The Master Key, yang menggambarkan kacamataelektronik yang dapat menampilkan informasi.

Penemuan dan Perkembangan Awal

- 1966: Ivan Sutherland mengembangkan *head-mounted display pertama, yang dikenal sebagai "The Sword of Damocles," memungkinkan pengguna melihat grafik komputeryang meningkatkan persepsi sensorik mereka.

-1974: Myron Kruger menciptakan *Videoplacesebuah sisteminteraktif yang memungkinkan pengguna berinteraksi denganobjek virtual.

Istilah dan Penggunaan Pertama

- 1990: Tom Caudell, seorang peneliti di Boeing, menciptakanistilah "augmented reality" untuk menjelaskan teknologi ini.

- 1992: Louis Rosenburg mengembangkan Virtual Fixtures, salah satu sistem AR pertama yang digunakan untuk pelatihanmiliter.

- 2014: Google Glass diluncurkanmembawa AR ke perangkatwearable dan meningkatkan perhatian publik terhadap teknologiini.

Saat ini, AR telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-haridigunakan dalam aplikasi konsumen seperti filter sosial media dan permainan berbasis lokasi seperti Pokemon GO yang diluncurkan pada tahun 2016. 

Seiring berjalannya waktuteknologi AR terus berkembang dan beradaptasimenjadikannya alat yang penting dalam berbagaiindustritermasuk pendidikankesehatan, dan hiburan.

Bayangkan seorang pengunjung yang memasuki ruang bacaDengan menggunakan perangkat AR, mereka dapatmengarahkan ponsel atau tablet ke buku tertentuSecara instantampilan visual muncul di layarmenampilkan ringkasanulasan, dan bahkan video terkait dengan konten buku tersebut

Dengan teknologi augmented reality, perpustakaan tidak hanyaberfungsi sebagai tempat membacatetapi juga sebagai pusatinovasi dan interaksiPengalaman ini mengubah cara kitaberinteraksi dengan informasimenjadikan perpustakaan sebagaitempat yang hidup dan dinamis, di mana pengetahuan dapatdiakses dengan cara yang belum pernah terbayangkansebelumnya.

Ketika pengunjung memasuki perpustakaanmereka dapatmenggunakan aplikasi AR di ponsel atau tablet merekaMisalnyasaat mereka mengarahkan perangkat ke sampul bukutertentuinformasi tambahan akan muncul di layar. Ini bisaberupa ringkasan bukuulasan dari pembaca lainatau bahkanwawancara dengan penulisDengan cara inipengunjung dapatdengan mudah menemukan buku yang sesuai dengan minatmereka tanpa harus membaca semua deskripsi fisik.

Cara menggunakan AR cukup mudah

Pertamaunduh aplikasi AR yang telah kami sediakan di smartphone atau tablet Anda. Aplikasi ini dirancang khususuntuk membantu Anda menjelajahi koleksi kami dengan carayang interaktif dan menyenangkan.

Setelah aplikasi terpasangarahkan kamera perangkat Anda kesampul buku yang Anda pilih. Dalam sekejaplayar Anda akandipenuhi dengan informasi tambahan. Anda akan melihatringkasan bukuulasan dari pembaca lain, dan bahkan video pendek yang menjelaskan tema utama dari buku tersebut.

Jelajahi perpustakaan dengan tur virtual. Dengan menggunakanAR, Anda dapat melihat peta interaktif yang menunjukkanlokasi koleksi tertentuCukup arahkan perangkat Anda ke area yang ingin Anda eksplorasi, dan informasi tentang kategoribukupeminjamanserta aktivitas di sekitar lokasi tersebut akanmuncul.

Kesimpulannya penerapan teknologi augmented reality di perpustakaan memberikan pengalaman yang lebih interaktif dan mendalam bagi pengunjung. Dari interaksi dengan buku, tur interaktifhingga program edukasi, AR membuka jalan bagiinovasi dalam cara kita mengakses dan memahami pengetahuanDengan terus mengembangkan teknologi iniperpustakaan bisatetap relevan dan menarik di era digital.

 

SUMBER REFRENSI

[1] https://iptek.co.id/sejarah-teknologi-augmented-reality-hingga-perkembangannya/

[2] https://monsterar.net/2021/12/28/sejarah-augmented-reality/

[3] https://kumparan.com/monster-ar/beginilah-sejarah-teknologi-augmented-reality

[4] https://tirto.id/sejarah-singkat-teknologi-augmented-reality-bogM

[5] https://iptek.co.id/sejarah-ar-dan-vr-simak-yuk/

[6] https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/download/225/103/907

[7] https://www.dicoding.com/blog/morton-heilig-penemu-augmented-reality/

[8] https://socs.binus.ac.id/2012/03/10/mengenal-augmented-reality/

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jelajahi Dunia Ilmu Komunikasi di Perpustakaan UBL

Do's and Dont’s Ketika Berada di Perpustakaan, Nomor 3 Sering Kamu Lakukan!!!

7 Tips membaca di Perpustakaan